Kurang Pengetahuan : Diagnosa dan Intervensi NANDA NIC NOC Versi 4
Definisi Kurang Pengetahuan
- Kurang pengetahuan adalah tidak ada atau kurangnya informasi kognitif tentang topik atau bahasan tertentu
Faktor yang Berhubungan :
- Keterbatasan kognitif
- Kesalahan dalam memahami informasi yang ada
- Kurang pengalaman
- Kurang perhatian didalam belajar
- Kurang kemampuan mengingat kembali
- Kurang familier dengan sumber-sumber informasi
Batasan Karakteristik
Subjektif:- Mengungkapkan masalah secara verbal
- Tidak mengikuti instruksi yang diberikan secara akurat
- Performa uji tidak akurat
- Perilaku yang tidak sesuai atau terlalu berlebihan (histeris, bermusuhan, agitasi atau apatis)
TUJUAN DAN KRITERIA HASIL (NOC)
Hasil (NOC):
- Pengetahuan (sebutkan); tingkat pemahaman yang ditunjukkan tentang (sebutkan).
Memperlihatkan pengetahuan:diet; yang dibuktikan oleh indicator sebagai sebagai berikut:
- tidak ada
- terbatas
- cukup
- banyak
- luas
Intervensi Keperawatan (NIC)
Pengkajian- periksa keakuratan umpan balik untuk memastikan bahwa pasien memahami program terapi dan informasi lainnya yang relevan
- penyuluhan individual (NIC):
- tentukan kebutuhan belajar pasien
- lakukan penilaian pasien terhadap materi
- tentukan tingkat kemampuan pasien untuk mempelajari informasi khusus
- tentukan motivasi pasien untuk mempelajari informasi tertentu
- kaji gaya belajar pasien
Penyuluhan untuk pasien/keluarga
- berikan penyuluhan sesuai tingkat pemahaman pasien. Ulangi informasi jika perlu
- gunakan pendekatan berbagai cara, redemonstrasi dan berikan umpan balik verbal dan tulisan
- Penyuluhan individu (NIC):
- BHSP
- Bangun kredibilitas sebagai guru, jika perlu
- Terapkan tujuan pembelajaran bersama yang realistis dengan pasien
- Ciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar
- Pilih metode dan strategi penyuluhan yang sesuai
- Pilih materi pengajaran yang sesuai
- Beri penguatan terhadap perilaku yang sesuai
- Anjurkan pasien untuk bertanya dan diskusi
- Dokumentasikan penyuluhan
- Ikutsertakan keluarga atau orang terdekat, jika perlu
- beri informasi tentang sumber-sumber komunitas yang dapat menolong pasien dalam mempertahankan program terapi
- buat rencana pengajaran multidisipliner yang terkoordinasi, sebutkan perencanaannya
- rencanakan penyesuaian dalam terapi bersama pasien dan dokter untuk memfasilitasi kemampuan pasien mengikuti program terapi
- berinteraksi dengan pasien dengan cara yang tidak menghakimi untuk memfasilitasi pembelajaran
- penyuluhan penting dilakukan, baik ditataran perawatan dirumah maupun ditatanan rumah sakit. Semua intervensi diatas dapat diadaptasi untuk perawatan dirumah
- cari ruang yang sesuai didalam rumah untuk proses belajar mengajar
- kaji tingkat melek huruf, sesuaikan materi dan strategi yang diberikan
- pertimbangkan penggunaan videoconference atau teleconference dalam program computer
- Gunakan cara komunikasi dan strategi penuluhan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak
- kaji keterbatasan fisik dan mental untuk belajar dan sesuaikan cara penuluhan sesuai kebutuhan
- pastikan bahwa kacamata dan alat bantu dengar dapat berfungsi dengan baik, jika ada
- berikan materi tertulis, sehingga pasien dapat menggunakannya nanti ditatanan yang lebih santai
- berikan informasi secara berulang dan beri penekanan serta persingkat waktu pertemuan
- gunakan materi audiovisualisasi
- gunakan bahasa dan tulisan yang mudah dipahami oleh pasien
Sumber:
- Judith M. Wilkinson dan Nancy R. Ahern. Buku Saku DIAGNOSIS KEPERAWATAN Diagnosis NANDA, Intervensi NIC, Kriteria hasil NOC Edisi 9. Alih Bahasa Ns. Esti Wahuningsih, S.Kep dan Ns. Dwi Widiarti, S,Kep. EGC. Jakarta.
Baca Juga :
Sumber : Jurnalis Perawat
EmoticonEmoticon