Saturday, April 6, 2019

Askep Distress Spiritual Lengkap

Askep Distress Spiritual Lengkap


Askep Distress Spiritual Lengkap

  1. DEFINISI DISTRESS SPIRITUAL
    Distress spiritual adalah suatu gangguan yang berkaitan dengan prinsip-prinsip kehidupan, keyakinan, atau kegamaan dari pasien yang menyebabkan gangguan pada aktivitas spiritual, yang merubuan akibat dari masalah - masalah fisik atau psikososial yang dialami. (Dochterman, 2004: 120).

    Distres spiritual adalah kerusakan kemampuan dalam mengalami dan mengintegrasikan arti dan tujuan hidup seseorang dengan diri, orang lain, seni, musik, literature, alam dan kekuatan yang lebih besar dari dirinya (Nanda, 2005).

    Distress spiritual adalah gangguan pada prinsip hidup yang meliputi aspek dari seseorang yang menggabungkan aspek psikososial dan biologis seseorang. (Wilkinson, Judith M., 2007: 490).

    Dengan kata lain kita dapat katakan bahwa distres spiritual adalah kegagalan individu dalam menemukan arti kehidupannya.


  2. KARAKTERISTIK
    Nanda (2005) meliputi empat hubungan dasar yaitu :
    1. Hubungan dengan diri
      1. Ungkapan kekurangan 
      2. Harapan
      3. Arti dan tujuan hidup
      4. Perdamaian/ketenangan 
      5. Penerimaan
      6. Cinta
      7. Memaafkan diri sendiri
      8. Keberanian
        1. Marah
        2. Kesalahan 
        3. Koping yang buruk
    2. Hubungan dengan orang lain
      1. Menolak berhubungan dengan tokoh agama
      2. Menolak interaksi dengan tujuan dan keluarga
      3. Mengungkapkan terpisah dari sistem pendukung 
      4. Mengungkapkan pengasingan diri 
    3. Hubungan dengan seni, musik, literatur, dan alam
      1. Ketidakmampuan untuk mengungkapkan kreativitas (bernyanyi, mendengarkan musik, menulis)
      2. Tidak tertarik dengan alam 
      3. Tidak tertarik dengan bacaan keagamaan 
    4. Hubungan dengan kekuatan yang lebih besar dari dirinya
      1. Ketidakmampuan untuk berdo’a
      2. Ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan
      3. Mengungkapkan terbuang oleh atau karena kemarahan Tuhan 
      4. Meminta untuk bertemu dengan tokoh agama
      5. Tiba-tiba berubah praktik agama
      6. Ketidakmampuan untuk introspeksi 
      7. Mengungkapkan hidup tanpa harapan, menderita


  3. ETIOLOGI
    Menurut Vacarolis (2000) penyebab distres spiritual adalah sebagai berikut :
    1. Pengkajian Fisik --> Abuse
    2. Pengkajian Psikologis -->  Status mental, mungkin adanya depresi, marah, kecemasan, ketakutan, makna nyeri, kehilangan kontrol, harga diri rendah, dan pemikiran yang bertentangan (Otis-Green, 2002).
    3. Pengkajian Sosial Budaya -->  dukungan sosial dalam memahami keyakinan klien (Spencer, 1998).

    Faktor Predisposisi :
    1. Gangguan pada dimensi biologis akan mempengaruhi fungsi kognitif seseorang sehingga akan mengganggu proses interaksi dimana dalam proses interaksi ini akan terjadi transfer pengalaman yang penting bagi perkembangan spiritual seseorang.
    2. Faktor predisposisi sosiokultural meliputi usia, gender, pendidikan, pendapatan, okupasi, posisi sosial, latar belakang budaya, keyakinan, politik, pengalaman sosial, tingkatan sosial.

    Faktor Presipitasi :

    1. Kejadian Stresfull
      Mempengaruhi perkembangan spiritual seseorang dapat terjadi karena perbedaan tujuan hidup, kehilangan hubungan dengan orang yang terdekat karena kematian, kegagalan dalam menjalin hubungan baik dengan diri sendiri, orang lain, lingkungan dan zat yang maha tinggi.
    2. Ketegangan Hidup
      Beberapa ketegangan hidup yang berkonstribusi terhadap terjadinya distres spiritual adalah ketegangan dalam menjalankan ritual keagamaan, perbedaan keyakinan dan ketidakmampuan menjalankan peran spiritual baik dalam keluarga, kelompok maupun komunitas. 


  4. PATOFISIOLOGI
    Berhubungan dengan tantangan pada sistem keyakinan atau perpisahan dari ikatan spiritual sekunder akibat : kehilangan bagian atau fungsi tubuh, penyakit terminal, penyakit yang membuat kondisi lemah, nyeri, trauma, keguguran, kelahiran, dan mati.


  5. STRATEGI PELAKSANAAN DISTRESS SPIRITUAL
    1. Tindakan Psikoterapeutik
      1. Tindakan Keperawatan untuk Pasien
      2. Tujuan tindakan keperawatan gangguan spiritual untuk pasien adalah agar pasien:
      3. Mampu membina hubungan saling percaya dengan perawat.
      4. Mengungkapkan penyebab gangguan spiritual.
      5. Mengungkapkan perasaan dan pikiran tentang spiritual yang diyakininya.
      6. Mampu mengembangkan skill untuk mengatasi masalah atau penyakit atau perubahan spiritual dalam kehidupan.
      7. Aktif melakukan kegiatan spiritual atau keagamaan.
      8. Ikut serta dalam kegiatan keagamaan.

    2. Tindakan Keperawatan
      1. Bina hubungan saling percaya dengan pasien.
      2. Kaji faktor penyebab gangguan spiritual pada pasien.
      3. Bantu pasien mengungkapkan perasaan dan pikiran akan terhadap spiritual yang diyakininya.
      4. Bantu klien mengembangkan skill untuk mengatasi perubahan spiritual dalam kehidupan.
      5. Fasilitasi pasien dengan alat-alat ibadah  sesuai keyakinan atau agama yang dianut oleh pasien.
      6.   Fasilitasi klien untuk menjalankan ibadah sendiri atau dengan orang lain 
      7. Bantu pasien untuk ikut serta dalam kegiatan keagamaan. 
      8. Bantu pasien mengevaluasi perasaan setelah melakukan kegiatan ibadah atau kegiatan spiritual lainnya.


F. TINDAKAN SP (PASIEN & KELUARGA)

Sp. 1-P : Bina hubungan saling percaya dengan pasien, kaji faktor penyebab gangguan spiritual pada pasien, bantu pasien mengungkapkan perasaan dan pikiran akan terhadap spiritual yang diyakininya, bantu klien mengembangkan skill untuk mengatasi perubahan spiritual dalam kehidupan.

a. Orientasi
Perawat : Assalamualaikum pak, nama saya suster Lily Puspita Rini saya dipanggil Lily, Nama bapak siapa?
Pasien : Iya suster, nama saya Anton.
Perawat : Bapak suka dipanggil apa?
Pasien : Panggil saja saya Anton.
Perawat : Oh, baik. Saya dari Politeknik Kesehatan Depkes Tasikmalaya Program Studi Keperawatan Cirebon yang akan merawat bapak selama 2 minggu di sini. Bagaimana perasaan bapak pagi ini.
Pasien : Saya sedang sedih suster.
Perawat : Bagaimana kalau kita berbicara tentang masalah - masalah yang bapak alami, kita ngobrol selama 30 menit ya? Dimana menurut bapak tempat yang cocok untuk kita ngobrol?
Pasien : Di bawah pohon rindang saja suster.
Perawat : Oh disana? Mari pak kalau begitu.

b. Kerja
Perawat : Apa masalah yang bapak rasakan saat ini?
Pasien : Saya marah sama tuhan, saya tidak mau shalat dan tidak mau mengaji lagi. Saya merasa tidak berguna lagi.
Perawat : Coba bapak sampaikan apa yang menyebabkan bapak tidak sholat dan mengaji seperti dulu?
Pasien : Semenjak musibah tsunami itu saya kehilangan pekerjaan dan harta saya suster.
Perawat : Oh, ya! selain itu faKtor apa lagi yang menyebabkan bapak tidak sholat dan mengaji.
Pasien : Sekarang saya merasa sudah tidak berguna lagi.
Perawat : Coba bapak sampaikan pendapat bapak tentang agama atau keyakinan yang bapak anut selama ini?
Pasien : Agama yang saya anut adalah agama yang membawa kedamaian.
Perawat : Menurut bapak, apakah agama yang bapak anut bisa membawa kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan bapak saat ini?
Pasien : Saya merasa ini tidak seperti yang saya yakini.
Perawat : Apakah hal tersebut yang mempengaruhi bapak sehingga kurang aktif melakukan sholat dan mengaji?
Pasien : Iya suster.
Perawat : Apa saja kegiatan ibadah yang bapak jalankan?
Pasien : Shalat, shalawat dan zikir, suster.
Perawat : Yang mana kira-kira yang ingin bapak jalankan?
Pasien : Shalawat dan zikir, suster.
Perawat : Mari bapak coba misalnya sholawat atau zikir.
Pasien : Shalatullah salaamullah ‘alatoha rasulillah, salaatullah salamullah ‘alaa yasiin habibillah.
Perawat : Bagus sekali! Bagaimana perasaan bapak setelah mencoba?
Pasien : Saya merasa tenang, suster.
Perawat : Apa keuntungan giat beribadah yang pernah bapak rasakan?
Pasien : Saya merasa tenang, suster.
Perawat : Betul sekali, setelah beribadah kita merasa tenang.

c. Terminasi
Perawat : Bagaimana perasaan bapak setelah berbincang – bincang?
Pasien : Saya merasa lebih lega, suster.
Perawat : Tampaknya bapak semangat menjawab pertanyaan suster ya?
Pasien : Iya suster.
Perawat : Coba bapak ulangi apa yang sudah kita diskusikan bersama - sama hari ini!
Pasien : Saya merasa tidak maksimal beribadah dan tadi saya sudah mencoba bershalawat, suster.
Perawat : Bagus sekali, jadi bapak sudah tahu penyebab masalah bapak ya? Selain itu bapak juga telah mengungkapkan perasaan dan pikiran bapak tentang agama dan tahu kegiatan yang bapak bisa lakukan.
Pasien : Iya suster.
Perawat : Nah sekarang ibadah mana yang bapak coba lakukan? Jangan lupa ya pak!
Pasien  : Iya suster.
Perawat : Besok lagi kita bertemu untuk mengetahui manfaat kegiatan ibadah yang bapak lakukan serta belajar cara ibadah lain.
Pasien  : Iya suster.
Pasien : Waalaikumsalam.


Sp. 2-P : Fasilitasi pasien dengan alat-alat ibadah  sesuai keyakinan atau agama yang dianut oleh pasien, fasilitasi klien untuk menjalankan ibadah sendiri atau dengan orang lain, bantu pasien untuk ikut serta dalam kegiatan keagamaan.

a. Orientasi
Perawat : Assalamualaikum, bapak bagaimana keadaan dan perasaan bapak saat ini? Sudah dicoba melakukan ibadah?
Pasien : Baik suster, sudah.
Perawat : Bagaimana perasaan bapak setelah mencoba?
Pasien : Lebih tenang.
Perawat  : Hari ini kita akan mendiskusikan tentang persiapan alat-alat sholat dan cara-cara menjalankan sholat baik sendiri maupun berjamaah. Bagaimana kalau kita ngobrol selama 30 menit. Dimana bapak mau ngobrol? Atau bagaimana kalau disini saja?
Pasien : Iya suster boleh.

b. Kerja
Perawat : Pak, sepengetahuan bapak, apa saja persiapaan sholat, baik alat maupun diri kita?
Pasien : Pakai sarung, kopiah, dan sajadah.
Perawat  : Bagus sekali! Menyiapkan kopiah, sajadah dan sarung dan sebelum sholat bapa harus mandi dulu dan berwudlu.
Pasien : iya.
Perawat : Coba bapak sebutkan sholat lima waktu dalam sehari?
Pasien : Subuh, dzuhur, ashar, magrib, isya.
Perawat : Sholat subuh jam berapa? Bagaimana ucapannya?
Pasien  : jam 4.30 wib. Ussholli fardossubkhi rok’ataini mustaqbilal kiblati fadollillah hita’ala.
Perawat : Bagus sekali, Selain itu, bapak dapat melakukan sholat berjamaah?
Pasien : Dulu sering tapi sekarang tidak pernah.

c. Terminasi
Perawat : Bagaimana perasaan bapak setelah kita diskusi tentang cara-cara mempersiapkan alat sholat dan mengerjakan sholat.
Pasien : Lebih tenang dan legah sekarang suster.
Perawat : Berapa kali sehari bapak mencoba? Mari kita buat jadwalnya, kalau sudah dilakukan beri tanda ya!
Pasien : 3x sehari dzuhur, ashar dan magrib saja suster.
Perawat : Besok saya akan datang untuk mendiskusikan tentang perasaan bapak dalam melakuakn sholat serta membahas kegiatan ibadah yang lainnya.
Pasien : Iya suster terimakasih.
Perawat : Kalau begitu saya permisi dulu. Sampai jumpa besok. Assalamualaikum.
Pasien : Wa’alaikum salam.


Sp. 1-K : Bantu keluarga mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam merawat pasien, bantu keluarga untuk mengetahui proses terjadinya masalah spiritual yang dihadapi.

a. Orientasi
Perawat : Assalamualaikum, bu. Bagaimana keadaan keluarga ibu hari ini?
Ibu  : Wa’alaikum salam. Alhamdulilah baik suster.
Perawat : Hari ini kita akan mendiskusikan tentang masalah yang ibu hadapi dalam merawat atau membantu anak ibu, selama 30 menit. Disini saja yah bu!
Ibu  : Iya suster silakan.

b. Kerja
Perawat : Bu, menurut ibu apa masalah yang ibu hadapi dalam merawat atau membantu anak ibu?
Ibu  : Iya suster, anak saya jadi malas sholat dan tidak mau mengikuti pengajian. Pada hal dia sangatlah rajin beribadah sebelumnya.
Pewat : Apakah hal tersebut terjadi setelah gempa atau akibat tsunami yang lalu. Oh, jadi masalah yang ibu hadapi adalah susah memberitahu dan mengajak dia untuk sholat lima waktu ya?
Ibu  : Benar suster. Sekarang dia susah banget untuk di ajak sholat semenjak kejadian stunami itu.
Perawat : Bagaimana dengan kegiatan keagamaan lainnya, apakah anak ibu mau melakukannya?
Ibu  : Tidak suster, dia males malesan saja di rumah. Diemm saja
Perawat : Jadi ibu kewalahan menasehati agar dapat melakukan ibadah dan ini terjadi sesudah tsunami.
Ibu  : Iya, saya sudah angkat tangan menyuruh dia untuk sholat.
Perawat : Ibu, biasanya kalau ada kejadian bencana seperti gempa tsunami, kadang seseorang akan mengalami kejadian seperti itu anak ibu tersebut. Oleh karena itu mari saya bantu ibu untuk bersama-sama dan merawat anak ibu ya.
Ibu  : Iya suster. Apa yang harus saya lakukan?
Perawat : Bu cara untuk membantu anak ibu yang malas sholat adalah dengan selalu mengingatkan, mengajak atau memberi contoh solat pada waktu sholat telah tiba. Selain itu ibu menyiapkan perlengkapan sholat untuk anak ibu misalnya kopiah, sarung dan sajadah. Lalu bu bersama-sama satu keluarga melakukan sholat berjamah ya? Jangan lupa mengajak anak-anak untuk bersama-sama sholat berjamaah. Bila perlu ajak anak ibu untuk menjadi imam.
Ibu  : Oh, begitu yah suster. Ings’allah saya akan melakukannya.
Perawat : Iya bu. Setelah sholat ibu ajak anak ibu untuk berdoa semoga diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi masalah akibat adanya bencana alam yang dialami tersebut.
Ibu  : Iyah suster
Perawat : Jangan lupa, agar ibu mengigatkan anak ibu untuk sholat Jum’at berjamaah di masjid bersama warga lainnya. Ya bu yah?
Ibu  : Siap suster.
Perawat : Kemudian, ibu jangan segan-segan untuk meminta nasehat dan bantuan kepada ustadz setempat. Saya yakin mereka akan dengan senang hati membantu ibu dan terutama memberi nasehat keagamaan kepada anak ibu.
Ibu  : Iya suster
Perawat : Sudah bisa mengerti cara merawat dan membantu anak ibu yang mengalami masalah tersebut. Dengan demikian, ibu bisa membantu agar dia aktif dan rajin sholat lima waktu serta mengikuti pengajian, ya kan bu?
Ibu  : Terimakasih suster atas nasehat ya.

c. Terminasi
Perawat : Bagaimana perasaan ibu setelah kita diskusi tentang masalah-masalah yang ibu hadapi dalam merawat anak ibu?
Ibu  : Lebih tenang suster dan semangat untuk mengajak anak saya sholat lima waktu.
Perawat : Bisa ulangi kembali apa saja cara untuk masalah yang ibu hadapi dalam merawat anak ibu tersebut?
Ibu  : Dengan cara menasehati, mengajak dan selalu mengigatkan untuk selalu beribadah suster.
Perawat : Bagus sekali bu, ibu sudah mengetahui semua permasalahan yang terjadi ya?
Ibu  : Iya suster.
Perawat : Kalau begitu saya pamit dulu. Assalamualaikum.
Ibu  : Terimakasih bayak suster atas bantuannya. Wa’alaikum salam.
Perawat : Sampai jumpa bapak, Assalamualaikum!


G. TERAPI AKTIFITAS
  1. Psikofarmako
    1. Memberikan obat - obatan sesuai program pengobatan pasien.
    2. Psikofarmaka pada distres spiritual tidak dijelaskan secara tersendiri. Berdasarkan dengan Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ) di Indonesia III aspek spiritual tidak digolongkan secara jelas abuah masuk kedalam aksis satu, dua, tiga, empat atau lima.
    3. Memantau keefektifan dan efek samping obat yang diminum.
    4. Mengukur vital sign secara periodik. 
  2. Manipulasi Lingkungan
    1. Memodifikasi ruangan dengan menyediakan tempat ibadah.
    2. Menyediakan sarana dan prasarana untuk melakukan kegiatan spiritual.
    3. Melibatkan pasien dalam kegiatan spiritual secara berkelompok


H. EVALUASI

  1. Kemampuan Pasieni
    1. Pasien mampu membina hubungan saling percaya dengan perawat.
    2. Pasien mengungkapkan penyebab gangguan spiritual.
    3. Pasien mengungkapkan perasaan dan pikiran tentang spiritual yang diyakininya.
    4. Pasien mampu mengembangkan skill untuk mengatasi masalah atau penyakit atau perubahan spiritual dalam kehidupan.
    5. Pasien aktif melakukan kegiatan spiritual atau keagamaan.
    6. Pasien ikut serta dalam kegiatan keagamaan.
  2. Kemampuan Keluargai
    1. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam merawat pasien dengan masalah spiritual.
    2. Mengetahui proses terjadinya masalah spiritual yang dihadapi oleh pasien.
    3. Mengetahui tentang cara merawat anggota keluarga yang mengalami masalah spiritual.
    4. Melakukan rujukan pada tokoh agama apabila diperlukan.
  3. Kemampuan Perawati
    1. Mampu membina hubungan saling percaya dengan pasien dan keluarga.
    2. Mampu membantu pasien dan keluarga untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran tentang gangguan spiritual.
    3. Mampu membantu pasien dan keluarga mengembangkan skill untuk mengatasi masalah atau perubahan spiritual.
    4. Mampu membantu pasien dalam melakukan kegiatan spiritual atau keagamaan serta aktif dalam kegiatan sosial keagamaan.
    5. Memberikan reinforcement bila keluarga melakukan hal – hal yang positif.

Sumber : Jurnalis Perawat

Demikianlah artikel kami ini yang singkat dengan judul yaitu Askep Distress Spiritual Lengkap. Semoga apa yang kami berikan dan sajikan untuk teman-teman semuanya bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon