Thursday, June 27, 2019

Pathway dan Patofisiologi Gangguan Citra Tubuh

Pathway Gangguan Citra Tubuh



Berikut ini kami siapkan materi mengenai pathway atau WOC atau gambaran dari pasien gagguan citra tubuh yang diserta penjelasan patofisiologisnya, selamat membaca




Penjelasan patofisiologis

Patofisiologi :
  • Disebabkan oleh berbagai macam faktor meliputi :
    1. Perubahan ukuran tubuh
    2. Perubahan bentuk tubuh
    3. Perubahan struktur tubuh
    4. Perubahan fungsi
    5. keterbatasan

  • Dari faktor tersebut akan menyebabkan Perubahan gambaran diri dari seseorang tersebut sehingga akan muncul diagnosa keperawatan Gangguan Citra tubuh.
  • Dari pasien yang mengalamai Gangguan Citra tubuh, mereka akan berusaha melakukan respon penyesuaian terhadap dirinya yang beru dengan lingkungan dan harus melerawati masa-masa ppenolakan, denial, angry seperti menunjukkan rasa sedih dan duka cita (sedih, menangis, merasa bersalah, banyak melamun, diam) hingga accepting.
  • Pada pasien yang tidak ammpu untuk melakukan penyesuaian dirnnya dengan lingkanan karena perubahan citra tubuh akan menimbulkan Respons mal adaptif sehingga menimbulkan Perilaku yang bersifat merusak, berbicara tentang perasaan tidak berharga atau perubahan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • Lama kelamaan pasien akan mengalami sindrom gangguan jiwa atau skizofrenia yang ditandai dengan Menolak melihat, menyentuh tubuh yang berubah, mengungkapkan keputusasaan. Pada pasien tersebut diatas akan mengakibatkan penarikan dirinya terhadap lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekitar sehingga pasien menjadi isolasi sosial terhadap orang lain dan juga mengalami sindrom pasca trauma.

Sumber : www.perawatkitasatu.com dan telah dimodifikasi dan mendapatkan izin untuk diterbitkan di Jurnalis Keperawatan Indonesia

Sekianlah artikel singkat dari kami ini yang berjudul Pathway dan Patofisiologi Gangguan CItra Tubuh. Semoga apa yang kami sajikan dan berikan diatas tsersebut dapat berguna dan bermanfat bagi teman-teman yang mecnari referensi mengenai alur pathway pasien gagguan citra tubuhnya. Terimakasih atas kujungannya, sampai jumpa lagi yaa.

Artikel Terkait

1 comments so far

termakasih pathway gangguan citra tuuhnya bagus sekali


EmoticonEmoticon